Kamis, 02 Februari 2017

Kunjungan Dari Perum Bulog Drive Lampung dan BNI 46 ke BUM Desa Artha Jaya Kesuma

Tanjung Kesuma 02/02/2017- Badan Usaha Milik Desa Artha Jaya Kesuma (AJK) Desa Tanjung Kesuma mendapat kunjungan dari Perum Bulog Drive Lampung (Ibu Rachmawati, Ibu Sunarti), Hafizz Ar Rasyid Bulog Sub Drive Lampung Tengah dan dan Bpk. Heru dari BNI 46 Bandar Lampung. Kunujungan ini deterima oleh Sugianto HS, (Penasehat BUM Desa AJK ex officio Kepla Desa Tanjung Kesuma), Direktur BUM Desa, Jajaran Pengurus dan Kepala Unit Usaha BUM Desa, dan Mahasiswa KKN IAIN Metro.

Dalam Kunjugan ini, baik Perum Bulog Drive Lampung maupun begitupun BNI 46 tengah menindaklanjuti penjajakan potensi dan kerjasama dengn BUM Desa AJK.

Dalam pemaparan singkatnya, Suyatno menyampaikan sekilas tentang BUM Desa AJK dan Unit USaha yang ada diantarany Unit Usaha  Lumbung Pangan Desa, Unit Usaha Tata Busana, Unit Serba Usaha, Unit Pengelolaan Sampah Desa. Dalam kesempatan ini Suyatno menyampaikan prmohonan agar Perum Bulog dan BNI bisa memapartkan program-program kepada Pengurus dan Penasehat BUM Desa AJK untuk kemudian ditindaklanjuti sebagai pengembangan Kegiatan Unit Usaha.

Sugianyo HS. (penasehat BUM Desa AJK) menyampaikan apresiasi atas kunjungan Perum Bulog dan BNI sebagai sebuah kehormatan bagi BUM Desa dan Desa Tanjung Kesuma. Lebih lanjut Kepala Desa juga memberikan kesempatan kepada BUM Desa untuk menyerap informasi yang dipaparkan oleh  Bulog dan BNI Demi kemajuan BUM Desa khususnya dan perekonomian Masyarakat desa Tanjung Kesuma  pada umumnya.

Pada kesempatan Berikutnya Ibu Rachmawati (Bulog Drive Lampung) menyampaikan program yang dimiliki PErum Bulog diantaranya On Farm (dengan pola Mandiri Bulog, MAndiri Petani dan Kemitraan). selain itu Bulog juga tengah menjajaki kerjasama dengan Lumbung Pangan Desa sebagai bentuk kerjasama penyediaan bahan pangan (Padi dan Beras) melalui BUM Desa. Pada sektor Hilir, Rachamawati menambahkan bahwa Bulog juga tengah menggulirkan Sahabat RPK (Rumah Pangan Kita) sebagai outlet distribusi bahan kebutuhan pokok oleh Bum Desa.

Sementara bpk. Heru  (BNI 46 Bandar Lampung) memaparkan tentang peluang kerjasama BUM Desa dengan BNI dalam program Agen 46 Laku Pandai. Dimana Bumdesa yang bergabung dengan program keagenan tersebut akan mendapat hak usaha berupa unit peayanan transaksi keuangan warga msayarakat melalui BUM Desa. Pelayanan yang dimungkinkan dilakukan Agen adalah : Melayani Pembukaan Rekening Laku Pandai BNI, tabungan, pengambilan dan transfer. sedangkan untk transaki keuangan meliputi pembayaran BPJS, Tiket Pesawat, Token Listrik PLN dll.

Pemaparan program ini disambut baik oleh pengurus Unit Usaha Bum Desa AJK.  Saryono (Ka Unit Usaha Lumbung Pangan Desa) menyampaikan respon positifnya terhadap pemaparan Bulog. Ia bahkan menyatakan siap untuk mengmbangkan unit usaha Lumbung Pangan Desa diselaraskan dengan program yang ditawarkan Bulog.

Chaidir Anwar Riyadi (ka Unit Usaha Tata Busana) juga menyampaikan harapannya dengan sinergi dan kerjasama Bum Desa dengan Bulog dan BNI bisa menjadi optimisme bersama semua Unit USaha Bum Desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar